Bakso andalan di Bandung

Senin, Februari 02, 2009












Beuuhh...liat foto-foto d atas ngiler ga?
Sapa yg suka baso? hayo ngacung!!

Aku duluan yg ngacung pastinya :P
*Awas klo mpe ada yg brani bilang "pantes bulet" hahaha....

Kenapa suka bakso?
because...
Bakso is the food of my country...my country...oh my country...

Tapi sekarang semenjak menggalakkan program diet, si bulet jd jarang ngebakso..hiks..hiks...
Tau ga rasanya sehari tanpa bakso?
kaya orang sakaw gitu dech (halah belagu! kaya pernah sakaw aja :P)

Trus klo udah ga pernah makan baso lagi (ups...jarang2 maksudnya :P) kenapa nulis disini?
Karena pas buka-buka album foto d kompu ee nemu foto bakso jaman jahiliyah (jaman2 belum insaf utk berburu bakso ke penjuru dunia *lebay lagi) sekaligus...
Tulisan ini saya dedikasikan buat temen-temen yg masih bisa memuaskan nafsunya untuk makan bakso (puas2kanlah makan bakso sebelum kamu bulet karenanya). Kalo ada yg mampir ke Bandung, ada 3 warung bakso andalanku...yaitu:

1. Bakso Mang Ja'i

Bakso Sapi dan Batagor Kuah Haji Ja’i terletak di (nama jalannya lupa) pokonya kl dr pasar kosambi setelah rel belok kiri :D

Satu porsi terdiri dari tiga buah bakso ukuran sedang dan satu buah batagor ukuran besar. Kalau mau ditambahkan mie atau bihun juga boleh. Dulu pertama kali ke sini harganya masih 8 ribu tp skarang sudah 12 ribu bo. Jangan coba-coba minta saos disini krn cuma disediain sambel dan kecap doang...gatau kenapa, mungkin untuk menjaga rasa khas dari baksonya sendiri, utk kuah pun dikasihnya dikiiiiitttt banget, makanya bener2 berasa "bakso". Tempatnya memang di pinggir rel kereta api, tapi karena baksonya (which is bener2 bakso krn daging sapinya kerasa banget!) mantab, maka jadilah bakso ini tersohor. Buka mulai jam 2 siang, klo kesini siap2 antri deh. Banyak yg tdk dpt tempat duduk, makanya pada makan di dalam mobil.


2. Bakso Solo BIP

(pas banget d belakang BIP)
Nah yg ini sama aja ruamenya....apalagi para gadis dan emak-emak. Mas-nya aja mpe pusing saking ramenya para cewe berebut memesan baksonya.

Bakso disini uniknya adalah pake "tetelan" (Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya). Biasanya yg makan disini menambahkan kacang atom pada baksonya, jadi ada kriuk-kriuknya gitu deh. Lucunya itu, karena ini bakso solo maka yg jual itu mas-mas Jawa jadi klo ke sini bareng temen-temen suka ngeledekin aku "Pop...pop...trensletin (terjemahkan) dong, masnya tuh ngomong apa?" hahaha...yes!! inilah kesempatanku membalas ledekan mereka ttg mie yamin dulu...


3. Bakso Malang Mandeep
Yg ini mah cabangnya ada dimana-mana...ada yg jl.istiqamah, ada yg deket BEC, skarang malah ada d Buah batu juga lho. Tiap ngebakso disini selalu inget sama sodara yg doyan banget baso ini (Hallo Ditt!), doi suka banget sama kuahnya (lho kok?) iya makanya itu meskipun jadi langganan tetap Mandeep doi kaga gemuk2, tetep aja kurus :P Jadi inget dulu saat makan bareng, si Ditta ini bilang:
"Tan,,,ambil kuahnya yg banyak ya! ntar kuahnya buat aku...mo ambil banyak ga cukup mangkoknya"
trus kujawab:
"Boleh...boleh...ntar kuahnya tuker sama baksomu ya!" hahahaha...

Bahkan saking sukanya sama kuahnya, si Ditta pernah nanya "tan, klo beli kuahnya doang boleh ga ya?" G.U.B.R.A.K ......anak yg aneh :P

Naah...itu dia bakso andalan di Bandung, sebenernya masih banyak lagi sih...tapi ketiga yg diatas itu yg baksonya paling top markotop (Minjem istilah om Bondan). Bagaimana dg anda? suka Bakso ga? Paling enak bakso itu dimakan bareng apa? lontong, kerupuk, kacang atom, atau kentang goreng (hahaha yg ini ngaco deh :P)?

Tulisan Senada



32 komentar:

Anonim mengatakan...

haihaiahaihaihai..tan,,mandeep ada di bubat???waaahhh,,boleh tuhh!!!hahahaha tante inget ajah!!dulu kn aku jg suka bawa mandeep ke jkt..di jkt jg ada lho tan bakso malang ga jauh enak sm mandeep..hayuukk kesini ntr tak ajak muter2 cari bakso [udah nangkep 2 abang bakso yg boleh di jajal hahahahhaah dah kek apa ajah :p]

-ditta-

bagus mengatakan...

let inget lho..no bakso selama diet :D
ni anak paling susah kl di suruh NGGA makan bakso..baru 2 hari ga makan bakso bilangnya udah 2 minggu ga makan..dasar

Si bulet mengatakan...

@ Ditta: Iya kamu tuh...suka heboh mo bawa oleh2 "makanan favoritmu dr Bdg buat acara pamermu pd keluarga d jkt"
Hobimu ngejar mang mang penjual baKso masih lanjuut to? hebat!! kasian amat si mang nya dikejar kamu...tp dibeli kan baksonya? jgn "ngeceng" doang yak :P
Dittaaaa...jd kangen masa2 indah kita bersama :))

@ Bagus: Puas kamu? Puuaaaassss udah bikin aku menahan gejolak pengen makan bakso?

liswari mengatakan...

Asikk.. nanti aku ke kalo ke bandung ... wajib di antar ke abang2 bakso itu yah tan...

Kalo di deket rumahku, ada bakso kumis di daerah Blok S tan, harga bakso nya per butir karena saking gede bakso nya... trus laris banget.. pernah masuk koran omzet perharinya bisa lebih dari 10 jt per hari dari jualan bakso.. mantabs ga tuh :-p

kunderemp mengatakan...

Aku gak ikutan makan.. biar Lis aja yang makan..

sisesu mengatakan...

bakso mencerminkan namamu ya? bulet...hehe. bikin ngiler orang aja sih....dah tau yg disini modal ongkosnya mahal kl mau beli bakso yg kyk gitu...huhuuuu

Si bulet mengatakan...

@ Lis: Boleh2, tinggal sebut aja mau yg mana! Nanti kita pesta bakso yak, uhuy ;)
Makanan d daerah Blok S enak2 ya? ada temen yg bilang gt soalnya (Hayo Lis, kmu pasti kangen Blok S :P).
Iya yah, bisnis bakso nampak menjanjikan (kalo laris), duh apa aku jualan bakso aja ya :D

@ Kunderemp: Halah gaya...ngomongnya ndak mau ntar klo mangkoknya disodorin pasti d embat juga :P

@ Sisesu: Hahaha siyal...iya yah..bulet...hiks...hiks...
Beli bakso instant trus d masak ala mang mang bakso yg d Indo aj ;)

Lala mengatakan...

*komentarnya nanti ya... lagi cari bakso dulu.. hihihihihi*

Eh, eh,
tapi paling enak tuh, bakso yang di Surabaya! Beneran! Paling juara deh! hehehe....

nanzzzcy mengatakan...

wahh..sedep bener nih..
kyknya gw pernah mkn yg bakso malang mandeep deh waktu jalan2 ke bandung..

so, kpn mau traktir aku?? loh?? :p

Si bulet mengatakan...

@ Lala: gosipnya, bakso iga itu juaranya emang dr Surabaya ya? wah kapan2 perlu mampir k Surabaya :))

@ Nanzzzcy: ayo2 k Bandung lg! ntar kita berburu bakso ;)

fahrisalakbar mengatakan...

Enak ne nampaknya.... :D

Raffaell mengatakan...

Waktu kecil seriiing banget makan bakso, dah besar jadi bosen, apapun bentuk dan kreasinya tetep aja gak akan mengundang selera

AGUNG mengatakan...

Aku juga suka bakso deh [sambil ngacung dua tangan nih] :)

Salam hangat
Ben

http://benedikawidyatmoko.wordpress.com
http://benagewe.blogdetik.com

ario saja mengatakan...

waduh yang kaya gini nih bikin ngiler

Felicity mengatakan...

Yaoloooo...baksonya seksi oppsss...yummy banget... *ngeces*

Retie mengatakan...

Ya ampunnnnn gimana mau kurus say kalo kayak gini???

Ehhh bener tuch kata Lala, di Sby ada bakso yg uenak buanget dech.... :D

Si bulet mengatakan...

@ Felicity: Bakso memang bulet, tapi sexy :))

@ Reti: ya klo mau kurus makan baksonya sebulan maksimal 2x aj :P
Kan udah d bilang, bakso is the food of my country..my country oh my country...jd tiap2 kota d Indo pasti ada aj bakso yg enak2 :D

@ Agung: Toss!!

@ Raffael: ini nih contoh cowo yg sika bingung "kenapa para cewe suka ngebakso?" hahaha....

omiyan mengatakan...

hihihi diserang juga banyak lho baso yang terkenal macam baso medi atau baso deket masjid agung dijamin lidah bergoyang cuman 4000-5000

tapi saya kangen lho ma bakso tenis bandung uenak pisan

Prince mengatakan...

hmm.. yummy...*ngiler*

frozenmenye2 mengatakan...

haduh...jeung....ujan2 gini posting bakso...haduh....puyeng..brantakan sudah dietku...hehehe..*ngaku2 diet*.
Bandung emang ga ada matinya kalo udah urusan kuliner yah....
hihihihihi :D

PraMesWaRi mengatakan...

Bener deh kata Lala, kalo belum nyobain bakso di Sby, belum ngebakso namanya. Banyak banget bakso yang direkomendasikan.
Cobain yuk

Si bulet mengatakan...

@ Omiyan: wah klo d Bandung baso rata2 harganya berkisar 5.000-15.000 :(

@ Prince: ngiler ya? menggoda sih baksonya.

@ Frozenmenye2: embeeerrrr...bandung emang paten! surga makanan ;)

@Prameswari: Ah yg bener, mba? mau dwonk...di paketin bisa ndak baksonya? hehe

mrpall mengatakan...

baksone mantep and buet banget padet

themahdavinovel mengatakan...

*Wah maknyuz banget

*Salam kenal ya...,

*Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

*Salam hormat

edratna mengatakan...

Bakso Mandep ada di Bubat...wahh boleh-boleh kalau ke Bandung ntar ku traktir......
Jadi ngiler nih...

Si Bulet mengatakan...

@ Themahdavinovel: Wow novelis ya? keren ;) Ok deh...segera meluncur k sana...

@ Edratna: D traktir mkn bakso? sapa takut ;)

narpen mengatakan...

perasaan mandeep yg di bubat kurang manteb tan..
*tapi mandeep yg deket bec juga aku udah lupa sih rasanya, perasaan juga ga terpesona, gyahaha...

mungkin beda selera ya.
aku sukanya bakso enggal sama bakso malang karapitan..
nyam nyammm..

eric mengatakan...

wahaha, udah direview mbak yang baso mang ja'i.. walau sempet nyasar 3x, abisnya ternyata letaknya di jalan yang ada lambang verbodennya saja, dikirain yang ke segitiga emas.. untungnya pas kesana lagi ujan jadi ga rame kek di foto.. sayang mie-nya biasa saja, klo basonya memang enak.. klo mesen baso aja harganya beda ga ya???
-narpen: yang bubat enak kok, asal daun seledri ama bawangnya segambreng wahaha.. mangkok baso penuh seledri ama bawang goreng.. mahal tuh di griya 20rebu cm dapet 100gr.. goreng ndiri juga males ngupas ama marutnya..

Si bulet mengatakan...

@ Eric: Bujuk dah mpe apal harga bawang sgala..pepen aj pasti gatau bawang itu apaan :P

eh kok lu manggil gue mba sih? tp gapapa deh..habisnya temen2 Ditta dan Narpen suka ikutan manggil gue tante :(

@ Narpen: Mungkin enak ga nya bakso tergantung lu makannya sama sapa, pen :P Klo ma gue sih pasti jaminan mutu jd enak tuh makan baksonya :D

eric mengatakan...

lah, umurnya emang lebih tua ya panggil mbak lah, masak manggil adek.. kualat ntar wahaha..

Ester mengatakan...

asli...nih foto buat aku ngiler, untung masih bisa nahan ludah ampe ga kluar, aku penggemar bakso banget, bakso yang dipinggir jalan yang ga gitu enak aja aku sikat ampe abis, apalagi bakso malang mandeep, wuih jadi pengen.....

biiL mengatakan...

wkwkwkwkwkwkwkwkw

aduuuhhhhhhhh
gw bangget dah,,,,,paporit pisan baso2 itu mah,,,hahahayyyy

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB