Mie Baso Yamin

Jumat, Desember 05, 2008

Pernah makan baso ga? pasti pernah makan dong. Sapa sih yg ga kenal baso? -halah lebay- Sebenernya pengen cerita aja...

Jaman dahulu kala, ketika pertama kali ngebakso d Bandung, aku bingung. Knapa bingung? karena si emangnya bertanya "mau mie kuah atau mie yamin, neng?" Dalam hatiku berkata "macam mana pula tu si abang, mau ngasi mie ya ngasih aja..tak perlulah nanya macam-macam." Temanku yg saat itu menangkap ekspresi bingungku langsung menjelaskan bahwa...tralaaa...

"Mie nya mau dicampurkan bareng2 di dalam mangkuk baksonya atau dipisah dalam mangkok tersendiri, jadi mienya dibikin kering gituuu...tanpa kuah!"

Oalah..begitu tho tata cara bakso di Bandung. Ehm..aku jelas pengen dong nyobain mie yamin. Berhenti sampai disini saja? O tentu tidak...si mangnya nanya lagi "mau yamin manis atau yamin asin, neng?" Busyeettt dah...apa lagi ituh? ternyata....tralaaaa....

"kalo manis itu mienya dibumbuin manis alias pake kecap, kalo mau asin ya tidak perlu pake kecap gitu lho neng." Trus kujawab "Oalah begitu tho...ya punten atuh mang, saya baru dateng dari Djawa, di Kediri itu ndak ada mie baso yamin, adanya mie baso kuah....jadi ya saya ndak mudheng dengan yg begituan."

Jadi sodara-sodara, kalau makan bakso di kampung halamanku (di Kediri) sono...yg namanya makan bakso ya bakso aja plus mie dkk dicampur jadi satu dalam 1 mangkok. Malah temen-temenku di Bandung terbengong-bengong saat kuceritain kalau di Kediri itu para pedagang bakso seringkali menawarkan lontong buat dimakan bersama baksonya (irisan lontong ditaro di dalam 1 mangkok yg sama tentunya). Paling-paling si pedagang bakso nanyanya cuma "mau pake lontong ndak mba?". Hee...lontong apaan? Jangan bilang gatau apa itu lontong ya kawan2 :P

Jadi bagaimanakah Baso2 yg ada di daerah anda semua sodara-sodara? Kan suka ada yg bilang tuh "Lain lubuk lain belalang". Trus? END OF STORY :P

Tulisan Senada



11 komentar:

Domba Garut! mengatakan...

Wah jadi kangen banget ama kampung nih... sayangnya disini gak ada mamang bakso - meski orang2 disini kepalanya botak2 mirip bakso2 itu :D

narpen mengatakan...

iya dulu juga sempet bingung tan.. btw aku uda lama ga ke akung.. nyam2.. udah hitungan tahun...

Si bulet mengatakan...

@Domrut: masa sih? jk ga ada mang2 penjual baso, biasanya d supermarket dijual baso2 instan lho.

@ Narpen: ga perlu k akung, yamin baso yg deket polsek lengkong ituh mak nyuss lho ;)

Silly mengatakan...

hahahaha, sama. Aku malah mikir, ohhh, mie yamin ini pasti ditemukan pertama kali oleh mas mas yang bernama YAMIN... seperti layaknya Graham Bell penemu Telepon (ring a bell), hahahaha.

Haduh jagi pengen makan si yamin, eh makan mie yamin maksud gue :P

edratna mengatakan...

Yuk...kapan-kapan ke Akung....
Ehh iya, di Madiun, baksonya juga pake lontong...cara makannya, lontong dipisah (tak dicampur dalam kuah bakso)..digigit, baru diguyur pake kuah bakso.

Leah mengatakan...

Haduuh...bikin pengen aja nih....abis disini gak ada yang jualan bakso :(

Si bulet mengatakan...

@ Silly: O jadi liatnya dari penemunya ya? klo penemu mie yamin itu si yamin. Klo blog yg silly n stupid? tau dong :P

@ Edratna: Tuh kan...kayanya emang bakso pake lontong itu budaya bakso jatim deh :D Ke akung? mau doongg...

@ Leah: kasian amat ga bisa makan bakso...mau dikirim? hihihi

Leah mengatakan...

Whoaaa...jadi pengeeeeenn. Disini susah nyari yang jual mie yamin gitu...hiks :(

nanik mengatakan...

pertama kali brasa aneh juga dengan penyajian yamien yang dipisah-pisah gitu antara kuah dan mi-nya. lama-lama yaaa..biasa juga. jadi poppy mau traktir saya makan yamien? hehehe, ngarep!

Si bulet mengatakan...

@ Leah: bikin ndiri aj gmn jeung? kan lg winter drpd nganggur masak2 bwt si CJ eh ato JC ya? :D

@ Nanik: yuk makan yamin bareng!! BS BS tapinya :P

resibismo mengatakan...

kalo gw mah 2-2 nya ajah... kalo bisa gak pake vetsin dan kecap, cukup sambal cabe aja, bukan saos..
yang satu di bungkus ya neng... heheheh

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB