Trik Belanja di Pasar Kaget atau "Sogo jongkok"

Jumat, Juli 18, 2008

Minggu pagi belanja di pasar kaget (klo d Bandung bisa di Gasibu) atau "sogo jongkok" (klo d Jakarta di Tanah abang/kawasan Lanmark dan kuningan) atau pasar kaget sejenisnya dikotamu bisa jadi selingan menyenangkan. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan barang-barang keren berharga miring namun dengan kualitas yang tak kalah dengan barang-barang di mal.

Saya pernah mengalaminya sendiri, ada sodara yg nitip sweater buat anaknya (umur 2 th dan 5 th) dan dia bilang begini padaku " sweaternya yg bagus seperti yg ada d FO-FO itu lho...tapi yg murah ya!". Lha mintanya seperti yg ada d FO tapi kok minta yg murah (capee deh), yasudah iseng2 ke Gasibu e nemu orang yg jual sweater rajut berbahan dasar wol (bentuk, warna, dan gambar yg ada d sweaternya lucu2). Semua harga sweater dipatok 25 ribuan, bener2 ga bisa ditawar lagi dong, tiap kali ditawar pasti yg jual jawab gini "Mba coba lihat di FO deh! pasti ga ada yg harganya segini padahal barangnya sama persis". Yasudah daku mengalah dan membeli titipan sodaraku sambil dalam hati bertekad untuk membuktikan ucapan si pedangang tersebut "awas aja klo sampe aku nemu yg lebih murah dari daganganmu ini" hahaha dendam banget sih ngga...cuma penasaran aja. Ealah ternyata yg dagang bener lho, suatu hari pas k DSE (Dago stock Export) dan Heritage, daku menemukan sweater yg sama persis dengan yg kubeli di gasibu itu namun harganya Rp 85.000 saja sodara-sodara. Harga d FO memang lebih mahal karena diselaraskan dengan tempat dan suasana belanja. Tapi buat kamu-kamu yg tidak berkantong tebal, hunting di tempat2 seperti gasibu itu emang pilihan yg tepat hehehe.

Jeng-jeng...yang kamu butuhkan saat belanja di pasar kaget, "sogo jongkok", dan sejenisnya adalah kelihaian menawar dan kesabaran memilih barang. Berikut ini saya kasih trik untuk kamu-kamu yg ingin berbelanja di tempat tersebut:

1. Datanglah sepagi mungkin. Karena barang-barangnya masih komplit. Sapa tau kamu dikasih keringanan dalam membayar, klo istilah keren mereka adalah "buat penglaris, neng."

2. Atau malah sebaliknya, datanglah saat pasar mau tutup. Biasanya pedagang lebih memilih melepas sisa dagangannya daripada membawa pulang. Kerugiannya adalah kamu bakal tidak punya banyak pilihan barang.

3. Penawaran bisa anda mulai dari 50% harga yang ditawarkan. Bahkan klo kamu berani (baca: tahan mental diomelin penjual), tawarlah hingga 70%. Namun banyak juga pedagang yg sudah mematok harga barang dagangan (seperti cerita diatas), hal itu biasanya dikarenakan: barang dagangannya unik atau doi males ribet dalam hal tawar menawar dan harganya emang standarnya segitu...paten!

4. Jangan ngotot dan terlihat ngebet (biarpun kamu naksir banget tuh barang, jaim dong! jual mahal demi kelancaran menawar). Santai saja. Kalau pedagangnya terlihat alot mempertahankan harga, tinggalkan tempat itu dengan santai. Biasanya, doi akan penasaran (sapa tau juga geregetan ;p) dan memanggil kamu kembali. Eh tapi pernah juga lho...aku pengen banget tuh barang namun daku "sok cuek" dalam menawar...pake jurus maen pergi aja saat harga yg kutawarkan tidak di ACC, dalam hatiku "ayo mas, panggil aku dong!" hueks...centil pisan ;p Ealah bneran ga dipanggil dong hiks...hiks..Sebelum pulang akhirnya balik lagi k tempat itu dan mas-nya rese itu bilang "tuh kan mba...cape muter dimana-mana emang ga ada sendal yg kaya gini, bla...bla...bla". Huh gengsiku termakan oleh sesuatu yg kutaksir itu (sendal, ya! bukan mas yg jual).

5. The last but not least, pilih dengan cermat barang yg kamu beli dan jangan berharap kamu bisa mengembalikannya jika sesampai di rumah kamu menemukan cacat pada barang tersebut. karena belum tentu pedagang itu akan mau atau kembali berjualan di tempat yg sama keesokan harinya. Pengecualian dalam hal jika cacat barang tersebut kamu tau saat membelinya, contoh: aku pernah membeli kaos polo yg reject gitu...kondisi masih bagus...cuma logo polonya ada di depan dan belakang kaos dong, hehehe...namanya juga "reject products of a factory" yang dijual dengan harga murah. Jadi, no problemo!

Nah, ibu-ibu...sekian tips dari saya. Tips ini dibuat dikarenakan banyaknya imel yg masuk dari pembaca (hayyah mulai ngarang ;p) untuk membagi tips saat berbelanja di pasar kaget atau "sogo jongkok"....hahahaha....dan juga untuk menganggapi tulisan teman saya yg ini.

Tulisan Senada



18 komentar:

Angelina mengatakan...

buat yg kebetulan doinya seneng ke pasar kaget :
1. siap2 gempor nemenin jalan 3 jam
2. siap2 desel2an dalam lautan manusia
3. siap2 denger doi nawar aneh2
4. siap2 jadi backing doi lo kalo2 doi bikin sebel yg jualan gara2 nawarnya aneh
5. bawa topi..puanas bo' mending jalan2 di mall dah daripada jalan di bawah terik matahari
6. siap2 di omelin kl doi ga dapet barang yg di pengenin (aneh ni..yg salah penjualnya ko gw yg kena getahnya)

ttd
tukang anter ke gasibu :p

Si bulet mengatakan...

Buat tukang anter ke gasibu:
hahahaha....ternyata dalam hatimu yg paling dalam itu to "isinya" ;p maapkan daku ya, sayang!

tapi milih mana? mbeliin barang yg murah di pasar kaget atau barang yg mahal di mal? ;p

Anonim mengatakan...

Aku pilih nitip aja...yang jelas pusing lihat orang banyak, panas dan ga bisa nawar.
Tolong belikan sweater yang murah tapi bagus ya....hehehe....

Anonim mengatakan...

weleh...weleh...rupanya saya ketemu "Ibu Ratu" sogo jongkok toh?......

Si bulet mengatakan...

@ Edratna: boleh2 nanti dicariin deh, bu :)

@ Novi: ha3 pengennya sih jadi "ratu branded" yg bisa ngider d Milan atau Saks fifth avenue gitu deh...hiks3 sayang dana tak sampai :(

Anonim mengatakan...

hahahhhaha ternyata belanjanya ada yang mengeluh ya mbak..
males ke gasibu macet banget..
hehehe tampangnya juga ga mungkin untuk dikasihani sama pedagang. Jadi jarang berhasil dapat nawarnya..
salam

HeiDi mengatakan...

lho lho lho kok ada aku dicerita ini :))
duh!! lagi ga sempet2 menulis niyhh...

Anonim mengatakan...

jeung, nih aku kasih "hadiah"...ditengok di tempatku ya...btw ijin nge-link ya

Si bulet mengatakan...

@ Made Eka: Was si made Eka tampang borju yaa...pantesan aja ga dikasihani sama penjualnya ;D salam balik :)

@ Heidi: iya niy...gamau kalah sama kamu dong :D

@ Just for music: wah mbok dibaca dulu blognya sebelum kirim komen...moso blog dg aura2 cewe begindang yg pny cowo ;p Btw..makasi ya :)

Anonim mengatakan...

bukan tampang borju bu..tapi tampang yang malas untuk dikasihani hahahahaha
ntar klo mau nawar barang, belanjanya ama ibu aja gmana??

**kabuur sebelum digaplok bagus k d heheehhe
Peace

Si bulet mengatakan...

busyeeet si made cepet banget ya balesnya...OL terus ya? :) belanja ma aku? boleh2...ga bakal digaplok sama si Bagus klo jalannya bareng2 ko Made ;) btw...aku manggilnya made Eka atau sapa ni? bingung :D

Shanti Fahlevi mengatakan...

Wah artikelnya bagus... salam kenal dari doha...

Si bulet mengatakan...

salam balik ya mba Shanti :)
salam juga buat latifah :)

Anonim mengatakan...

artikel anda ada di:
http://belanja.infogue.com
http://belanja.infogue.com/trik_belanja_di_pasar_kaget_atau_sogo_jongkok_

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam

Anonim mengatakan...

tips yang bagus juga buat bapak2 biar gak jadi mangsa empuk para penjual; bapak2 biasanya pada males nawar2, dan gak tahu juga harga pasaran, lagian suka gampang nggak tegaan .... :)

Si bulet mengatakan...

Makasi sudah mampir Pak Aroengbinang :) Iya ya...bapak2 emang seperti yg anda sebutkan (walo kadang ada jg bapak2 yg hobi belanja), beda banget sama ibu2 hehe..

Anonim mengatakan...

bawa diri aja sama karung, soalnya kalo bawa bocah2 bakal repot, bawa suami mendingan bisa ngangkut karung tsb. heheheh

Ois Chanel mengatakan...

Peletakan produk di toko Alfamart memang dikelompokkan sesuai dengan kategori barangnya. Untuk daftar makanan ringan snack di Alfamart, tidak akan dicampur dengan alat-alat kebersihan, kesehatan, atau kosmetik seperti wardah dan merk lain.

Makanan ringan alfamart biasanya saya jumpai di rak sebelah kiri, meskipun ini tidak pasti juga sih, sesuai dengan tata letak dari toko Alfamart itu sendiri.
Saat jalan-jalan ke pantai, kolam renang, atau liburan ke Bandung, Palembang, dan tempat lain, di pertengahan perjalan, saya sering membawa bekal jajanan enak Indomaret atau Alfamart
Yang gak akan ketinggalan, tentu saja air minum yang saya beli juga di Alfamart atau Indomaret, dan air mineral baik merk AQUA atau merk laia.
Baca Harga Aqua Galon di Alfamart
Membawa jajanan alfamart atau indomaret saat jalan-jalan merupakan hal yang wajib karena kalau tiba-tiba laper atau kehausan bisa langsung makan bekal snack tadi.
Membeli jajanan indomaret atau snack alfamart juga biasanya lebih murah dibandingkan beli di warung, apalagi warung di tempat wisata yang harganya jauh dimahalkan.
Oleh karena itu, membeli cemilan alfamart atau indomaret pasti jadi rutinitas saat kami akan jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang ada di Lampung.
Kita bisa membeli scank Happy Tos, Tiptop yang sedang promo minggu ini, serta jajanan enak indomaret lainnya.
Daftar Isi Artikel
Daftar Makanan Snack Enak di Alfamart Untuk Cemilan Ringan dan Jajanan Anak Plus Harganya
1. Makaroni panggang, snack merk Alfamart Favorit saya
2. Taro, jajanan anak di Alfamart yang tetap eksis dari jaman saya kecil hingga sekarang
3. Nyam-nyam, cemilan yang biasa dibeli anak saya
4. Chitato, snack keripik kentang di Alfamat yang gurih nikmat
5. French Fries, jajanan kerupuk kentang nikmat di Alfamart
6. Potabee, snack keripik kentang yang disukai anak-anak
7. Kacang Atom Garuda Pedas, cemilan di Alfamart favorit kami sekeluarga
8. Qtela dan Kusuka, cemilan keripik singkong di Alfamart dan Indomaret
9. Wafer tango pouchs, snack di alfamart yang praktis kalau mau dibawa traveling
10. Kacang kulit baik Garuda maupun Dua Kelinci di Alfamart
Daftar Makanan Snack Enak di Alfamart Untuk Cemilan Ringan dan Jajanan Anak Plus Harganya
Dari daftar makanan di Indomaret dan Alfamart, jika kita lihat, jenis snack dan cemilan yang dijual di kedua minimarket ini memang hampir sama.
Di kedua minimarket ini pasti ada cemilan keripik singkong, kacang atom, aneka jenis roti dan kue, jajanan khas merk Indomaret dan Alfamart, dan pasti ada juga keripik kentang serta jagung yang dijual.
Meskipun seringkali lokasi toko kedua minimarket ini berdekatan, harga snack di alfamart dan indomaret biasanya ada perbedaan.
Oleh karena itu, bisa saja kita survei harga dulu sebelum membeli jajanan cemilan ringan di alfamart dan indomaret hehe.
Berikut ini beberapa jenis snack makanan ringan enak di Alfamart yang enak buat jajanan saat bepergian:
1. Makaroni panggang, snack merk Alfamart Favorit saya
Salah satu snack paling enak yang dijual di Alfamart adalah makaroni panggang. Snack Alfamart ini memang asli produk dari Alfamart.
Saat suami saya ke Jakarta, terkadang membawa pulang snack makaroni panggang ini. Pertama kali kenal snack makaroni panggang juga saat suami pulang dari Jakarta.
Anak saya pun suka banget sama snack Alfamart Makaroni Panggang yang rasanya gurih dan tidak pedas, cocok buat cemilan santai.
Sayangnya, jajanan makanan ringan di Alfamart ini tidak ada di Alfamart Lampung.

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB