Hidup Batik !!

Jumat, Juni 13, 2008

batikbaju_batik
















Kmaren nganterin temen ke Kings (shopping center yg oke banget karena harganya yg terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah). Temen2ku mo hunting baju batik, kan lagi musim tu. Kamu2 para cewe pasti dah pada tau klo skarang tu baju batik sedang "in". Ga di Mall, butik, pasar, dll (kecuali distro ya) banyak kita jumpai baju bermotif batik (baik kemeja, blus, celana, dan gaun) all in Batik. hidup batik!!

Dulu susah banget nyari baju batik dengan model yang modis, kalaupun ada pasti yg bermerk dan mahal. Sekarang kamu bisa dapetin dengan harga yang bervariasi tergantung bahan dan modelnya. Klo kamu tidak suka yang model lama atau corak tradisional, para produsen jeli melirik pasar sehingga mereka bikin juga batik dengan model baru dan corak yg lebih modern. Contohnya saja temenku si Mona yg lebih suka corak yg kaya "jarit" itu, sedangkan si Putri lebih suka yg berbunga-bunga. Pas nungguin temen nyobain gaun batik (seperti yg ada di foto) aku duduk dikursi sambil iseng2 motoin contoh2 gaun batik yg dipatung. Kenapa fotonya jelek? karena aku yg moto hehe...ga deng...karena emang kamera di hpnya jelek sih :(

Klo shopping ma geng cewekku itu cuape banget deh...untuk satu gedung aja dikelilingi mpe gempor, dari depan mpe belakang, dari ujung ke ujung, pokoknya seluruh gedung harus disapu bersih oleh jejak2 kami. Cape sih...tapi klo rame2 ma temen ya tetep aja seneng :D Ada 2 orang temenku yg sering kami bilang "setan" karena si doi tu heboh banget tiap jadi fashion consultant, mbak-mbak yg jual aja kalah ma mereka. Buat Mona dan Lista, kalian lebih cocok buka butik aja deh daripada biro penerjemahan selepas lulus nanti hehehehe...

Kembali ke batik! Seneng ya hasil karya anak bangsa (atau peninggalan leluhur?) sekarang benar-benar dicintai sehingga menjadi trend. Berbanggalah bangsa ini jika para generasi mudanya melestarikan budaya bangsa! uhuk...uhuk...makanya cepet pake batik...jangan cuma pas kondangan aja pake batiknya ;p Oya, hari jumat kemaren pas ke BRI, para karyawannya pake baju batik lho...jangan2 sekarang ada beberapa kantor yg mewajibkan karyawannya buat pake baju batik pada saat2 tertentu? Bagaimana dengan kamu? suka pake baju batik juga ga?

Tulisan Senada



17 komentar:

Untara mengatakan...

kenapa ya? setiap pake batik gw gerahnya bukan main ... kerimget sejagung jagung

padahal kata yang jual batiknya ini kain khusus gak bakalan gerah kalo dipake ...

Poppy mengatakan...

masa sih? setahu saya klo kemeja cowo yg buat kondangan tu ada puring (bener ga sih tulisannya :D) jadi ga bikin gatel/bisa nyerap keringat. Tapi ada batik yg bahannya adem jadi tdk perlu pake puring/lapisan lg di dalamnya, biasanya batik pekalongan tuh yg oke punya ;)

Jangan asal percaya aja ma yg jual, mas! namanya jg dagang, tetep aja ditawarin yg oke2. Atau klo mas belanja minta ditemenin ibu/pacar mas aja...biar ga ktipu...hehe ;p

infoGue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://fashion.infogue.com
http://fashion.infogue.com/hidup_batik_

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

edratna mengatakan...

Hari Sabtu sempat ke Dbest, batiknya lucu-lucu cuma ga tahu yang disenangi Popy...jadi cuma beli 2 untuk Narpen.Biasanya di PIM harga diatas Rp.300 ribu...kemarin banyak yang di bawah Rp.100 ribu...malah dapat 2. Beli Pop, entar diganti...jatahnya Rp.100 ribu ya.

Alex mengatakan...

YAP.....Hidup batik indonesia

seezqo mengatakan...

Wah dah lama gak pake batik nih, trakhir pake waktu sma. Batik2 sekarang keliatan lebih modis, motifnya dah banyak ragam.

Bill gates kan dah pake batik tuh, kira2 dia mo bikin software ttg batik nggak ya, biar go west too

Poppy mengatakan...

@ alex: memakai batik = mencintai produk dalam negri = melestarikan budaya Indonesia :)

@ seezqo: ayo2 pake batik! masa kalah sama Bill Gates ;p

@ Edratna: d D'Best 100 rb dapet 2? wah kok sama dg yg d Kings dan Itc ya :D kapan2 klo k Bandung ke Kings yuk? hehehehe ;)

Alex mengatakan...

memakai batik = mencintai produk dalam negri = melestarikan budaya Indonesia :)

yap..setuju...sy juga sering pake batik..hehe

mbak sy link ya

aprikot mengatakan...

minggu kmrin saya ke KINGS, tp smpe disana malah bingung. bingung nawarnya. ada solusi bwt gimana bisa nawar di kings ga buw??

klo saya punya langganan tetap bwt batik yaiut di mirota bati yogya,murah2 juga cuman klo mo ksana nunggu liburan :D

Poppy mengatakan...

@ Alex: makasi ya mas :)

@ Aprikot: wah saya juga sbenernya ga pinter nawar :D tapi klo ke Kings sih kita harus tau kondisi pasar (halah) maksudnya, sbenernya harganya disana tuh rata2 sama jika 1 produk dan setipe yaa..yg utama sih dibawah harga di Toserba/Butik :D Kalo saya liat2 dulu, banyak counter yg sudah memasang harga pas, dari situ saya tau harga pasarannya. makanya ketika si mba bilang "60 ribu bisa kurang" ya tinggal nyebut aja harga semau kita (berdasarkan pengetahuan yg udah kita dapet dr harga pas tadi) atau mungkin dibawahnya...iseng2 aja, tp jangan keterlaluan, ntar bukannya dikasih malah disewotin si mba :D Untuk lebih amannya sih, biasanya nanya saya tanya "harga pasnya berapa mba?" pasti dia nyebut harga yg rata2 sama aja dg counter2 lainnya yg ada d kings. sekian info dari saya, jeng. semoga membantu :)

akuHeiDi mengatakan...

mba mba, kalo boleh nambahin ttg how to bargain..jadi kalo di toko2 semacam itu tanya aja harga pasnya dulu, nawarnya dibawah harga pas itu. karena harga pas mereka itu biasanya udah di mark up.
trus kalo dia udah bilang niyh harganya misal 150rb, itu tawar setengahnya ajah..kalo emang disewotin berarti kita pergi, nah nyoba ke toko lain rangenya dinaikin begitu seterusnya. tapi biasanya emang itu setengah harga kok.

nanik mengatakan...

aku cinta batikkk! sejak batik belom booming kek skr, aku dah suka pake batik ke kampus ato tempat kerja. skr aku lg lg pengen ngumpulin kaen batik sunda nih. ada yang tau gak belinya dimana di bandung? jangan di hasan ma komar yak. mahal2 euy.. :P

nanik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Poppy mengatakan...

@ Heidi: wah sip2. thanks ya jeung. Tapi klo di Kings mah harganya ga jauh2 amat kok jadi ga perlu se-extrem itu saat menawar. klo pake acara nawar mpe setengah harga tu d Blok M ya. atau klo d bandung d pasar kembang, I think.

@ Nanik: komentarnya terkirim dobel jadi satunya kudelete :D Batik sunda? wah klo info dimana yg jual barang ok plus harganya blum dapet info euy..ntar deh klo dah tau I'll tell you ;)

Jeng Batique mengatakan...

coba deh pake batik tulis yg dari katun.. biasanya adem dan nyerap keringat. btw kalau lagi cari batik yang bagus tapi harganya murah/grosir, bisa tengok Batik Athifa ya..

Poppy mengatakan...

wah makasih infonya ya jeung batique :)

Kunderemp mengatakan...

seezqo,
Batik ada software-nya.
Batik adalah nama software berbasis pemrograman Java untuk membuat SVG, yakni grafis berbasis vektor (bayangkan saja s/w2 seperti inkscape, coreldraw, adobe illustration).

Coba saja googling "batik java svg"

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB