Nastar...Oh...Nastar.... (Nastar Keju Ala Poppy)

Kamis, Oktober 16, 2008

nastar

Siapa yg hobi makan nastar? pasti yg angkat tangan duluan adalah si pepen dan si ndut deh :P




Dua orang itu pasti rebutan pake sikut-sikutan sgala (hehe lebay) jika liat nastar. Kesukaannya akan kue nastar ini teramat sangat. Ponakanku yg satu ini jika lebaran hobinya adalah mengoleksi kue nastar. Jika lebaran pasti banyak kutemukan tumpukan toples-toples kue nastar. Knapa hingga bertoples toples? karena emang doi penggemar nastar sejati, klo makan nastar udah kaya makan kacang gitu deh. Skalinya nongkrong didepan tv bisa menghabiskan setoples, kebayang ga berapa toples persediaan hingga 2 minggu? hihihi.


Jika mama mau ngirim sesuatu dari desa, dan aku nanya ke ponakanku ini "mau nitip apa, dek?" pasti jawabannya tak lain dan tak bukan adalah nastar! Sehobi sama ponakanku ini, my hubby juga penggemar nastar..yup..nastar yg bulet-bulet itu...makanya doi jadi bulet (Gotcha!).
"Tapi anehnya, kok si pepen kaga bulet2 meski suka nastar ya...huh iri aku :(
"

Kmaren pas pulang lebaran, pesanan oleh2 utama my hubby and my niece adalah nastar. Maka setelah membantu mama bikin kue-kue lebaran untuk dijual, target kerjaan selanjutnya adalah bikin nastar spesial ala poppy. Awal-awalnya ya...buletan masih rajin dan kecil-kecil...lama kelamaan seiring dengan cape...entah kenapa buletannya jadi membesar...setelah tahap bosan mbuletin maka iseng2 nastar kubuat kotak-kotak (guede-gede pula) yang akhirnya diomelin sama mama hehehe...Trus kami berinovasi (halah) untuk membuat nastar yg beda...biasanya selai nanas terletak didalam adonan, kali ini (setelah melalui proses pemikiran yg alot...tsah..) selai nanas kami letakkan diatas adonan kuenya, hasilnya: "Not bad" kan? hihihi PD. Ayo2 sapa mau beli? Ups...nyobain maksudnya ;)

Foto dibawah ini adalah proses sbelum dipanggang (sngaja diliatin yg ancurnya :P) klo foto nastar yg udah jadi plus packaging-nya adalah yg diatas.

nastarnastar













Nastar yg kubuat diatas adalah...."Nastar Keju ala Poppy"


Bahan :
  • 250 gr Tepung terigu
  • 200 gr Mentega
  • 1 sendok makan Susu bubuk
  • 60 gr Gula halus
  • 3 btr Kuning telur
  • 1/4 sdt Garam halus
  • 80 gr keju cheddar parut
  • vanili secukupnya

Selai Nanas :

  • 400 gr Nanas matang
  • 200 gr Gula pasir
  • 5 cm Kayu manis (1/4 sdt bubuk kayu manis)
  • 1/4 sdt Garam halus

Olesan, aduk rata :

  • 3 btr Kuning telur (bila kurang warna kuningnya bisa ditambah pewarna makanan)

Cara Membuat Selai (Klo ini nyokap yg bikin, klo suruh milih mending beli selai instan aja hehe):

  • Kupas nanas lalu diparut, tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.
  • Masukkan kayu manis kedalamnya.
  • Masak sambil diaduk - aduk, hingga matang (sampai airnya mengering).
  • Angkat dan dinginkan.

Cara Membuat :

  • Campur tepung terigu, mentega, kuning telur, gula halus dan susu bubuk lalu aduk rata.
  • Tambahkan garam, vanili, dan keju parut ke dalam campuran tepung.
  • Kocok dengan mixer kecepatan rendah (gunakan satu gigi) hingga terbentuk adonan yang berbutir-butir.
  • Ambil sejumput adonan, bentuk menjadi bulatan dan pipihkan.
  • Isi tengahnya dengan 1/2 sdt selai nanas dan bulatkan kembali.
  • Letakkan kue yang telah dibentuk diatas loyang yang telah diolesi mentega.
  • Olesi permukaannya dengan bahan olesan.
  • Panggang kue dalam oven hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan.

Tulisan Senada



8 komentar:

bagus mengatakan...

oalah....pantes aja bentuknya ga jelas ternyata yang bikin kamu to :p

Poppy mengatakan...

enak aja ga jelas.Jelas kok! jelas ancurnya hehe...yowis ben. sing penting enak :P

tau knp bisa enak? karena dibikin dg penuh rasa cinta ^-^

edratna mengatakan...

Aku masih dapat bagian nggak ya....bawa dong ke Jakarta, pas nikahan nya Dessa

edratna mengatakan...

Aku masih dapat bagian nggak ya....bawa dong ke Jakarta, pas nikahan nya Dessa

poppy mengatakan...

@ Edratna: Masih ada dikit. 1 toples...besok dibawain, dengan 1 syarat....jangan diketawain bentuk dan rasanya ya...hehehe

narpen mengatakan...

nastar itu sebenernya bentuk rekursif dari: narpen suka nastar :D

jadi inget dulu mbak resti bikin nastar segede kepalan tangan (lebay..), jadi bingung, ini nastar apa molen, hehe..

poppy mengatakan...

@ Narpen penggila Nastar: hahaha iya inget2...nastar yg aneh :P

seezqo mengatakan...

Wah ini dia kue favoritku sepanjang masa tiap hari2 raya lebaran n natalan ...

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB