Donat Kentang ala Poppy

Minggu, Juli 06, 2008

Minggu kmaren iseng2 bikin donat...sudah 3 tahun sejak percobaan pertama saya bikin donat kentang, ini yg kedua kalinya. Bukannya tambah keren donatnya tp kok malah ga jelas hiks..hiks. Tenang..tenang...tdk segitunya kok. Bukan gagal total sih...cuma gagal aja (baca: tidak mengembang dengan indahnya sehingga cuma renyah aja, bukan renyah diluar dan lembut didalam) ;p

Untuk rasa lumayanlah...ya sayangnya cuma ga ngembang dg sempurna itu aja, kalau bisa mengembang sempurna seperti dulu ya donatnya bisa kinyis-kinyis (duh..bahasanya ;p). Donat kentang ini bikinnya beda sama donat yg bukan kentang, selain bahan dasarnya adalah kentang, juga bikinnya dilarang terlalu banyak digebok (duh apa ya bahasa yg benernya?), yah pokoknya dibanting-banting (anda yg sudah pernah bikin ataupun melihat doang cara bikin donat pasti ngerti maksud saya :D). kenapa donat kentang ini ga boleh terlalu banyak dibanting? karena bisa2 nanti doi bantat atau bisa juga tidak mengembang sempurna seperti donat saya berikut (hayyah..bangga lagi):













Resep dan cara bikinnya begini:

a. 3 kuning telur
b. 2 sendok makan penuh mentega
c. 5 sendok makan gula halus/gula pasir klo ga ada
d. 1/2 sendok makan vernipan (jangan kebanyakan vernipan, nanti pahit rasanya)
e. garam+vanili dikit aja (dikira2 aja)
f. 1,5 gelas susu putih hangat
g. 1/4 kg kentang yg sudah direbus dan dihaluskan dg cara diulek

1. a,b,c,d,e dimixer hingga semua tercampur rata, halus, dan mengembang.

2. Matikan mixer dan kasih tepung terigu secukupnya (ini nih jeleknya nyokap yg sering ngasi resep berdasarkan feelingnya :( tapi katanya sih sekitar setengah kiloan lah) terus diaduk pake soled dan digebok/dibanting2 5/6 kali aja ya...jangan terlalu semangat mpe berkali-kali atau parahnya terlempar dari baskom/wadahnya dan yg lebih parahnya hingga membuat wadahnya pecah hehehe ;p

3. Begitu adonan sudah selesai dibuat, ambil sedikit terus dibuletin (kaya bikin bakpao gitu) supaya tidak lengket olesi telapak tangan dengan tepung terigu terlebih dahulu, setelah dibult bulet (tanpa dibolong ya!) diamkan selama kurang lebih stengah jam supaya adonan mengembang.

4. Kalau adonan sudah mengembang dan masih lemes berarti tidak bantat. Sewaktu mau menggoreng, lubangi adonan donat yg bulet2 tadi dan masukkan ke dalam minyak panas (inget apinya kecil saja supaya donat matang didalam namun tidak gosong luarnya)

5. Jangan hanya dimasukkan begitu saja saat menggoreng, hanya dengan menggunakan sumpit putar2 donat supaya lubang ditengah tidak menutup (donat tu berlubang kan? ;p) duh gimana ya jelasinnya? ini ada gambarnya deh klo bingung dengan yg diatas:







Klo masih bingung juga...coba deh bikin, jangan takut gagal! kata mama "practice makes perfect" (halah). Jadi klo kali ini tidak mengembang sempurna dan tidak sekinyis-kinyis bikinan nyokap, next time will be better...uw yeah! (tp next time-nya kapan ya? kapan...kapan...)

Tulisan Senada



10 komentar:

HeiDi mengatakan...

lagi siap2 jd ibu rumah tangga yah pop hihihi.. teruskan perjuanganmu nak! :P

proletarman mengatakan...

udah bisa menyaingi JCo blum??
mungkin klo kebanyakan dibanting donatnya jadi kesel.Mangkanya jadi melempem ntar..

"practice makes perfect"
klo aku yang praktis2 aja deh..Langsung makan heheheeheh

poppy mengatakan...

@ Heidi: ha3 sesuai dg pepatah "curi hati pria lewat perutnya" ya? ;p

@ proletarman: Jco? kalah dong!
donatku yg kalah maksudnya hahahaha :( yaela mas..klo suruh milih mah, enakan bli Jco dong. sangat sangat praktis! ga perlu cape2 dan rasanya uenak tenan ;p (sayang harganya tdk seenak rasanya) inget pepatah lagi "ono rego ono roso" ha3

p3durungan mengatakan...

Donat nya kayaknya enak, bikin ngiler aja nih. Kapan mo roadshow ke jakarta? supaya saya bisa cobain donatnya :P

Poppy mengatakan...

@ p3durungan: roadshow ke Jakarta? duh...jadi malu. hahahaha...
bentar ya..saya roadshow film terbaru saya, WANTED, dulu d Bandung (duh tambah norak aja gue ;P)

edratna mengatakan...

Kenapa bikinnya nggak pas saya ke Bandung?
Ada nggak donut kukus, biar masmu bisa ikut makan....

Poppy mengatakan...

@ Edratna: habisnya ada yg ga boleh mkn goreng tuh he3. Donat kukus? ha3 ada2 aja si ibu nih...klo gitu bikin bakpao aja...kan dikukus tuh ;) kpn2 deh...jd pngn nyoba bikin bakpao :D

novi mengatakan...

nyamm...nyamm...nyammm...paling sirix kalo ada orang yang pinter bikin kue, karena saya tidak diberi bakat sama Tuhan untuk pinter bikin kue...
PS: kirim ke Jambi dunk non...

Poppy mengatakan...

wah klo saya mah bukan bakat mba...tapi nekat ;p
Pilih d kirim donat saya apa Jco? d Jambi ga ada Jco kan? hehehehehe

novi mengatakan...

huahahahaha sialannnnn kenapa mesti nyebut2 Jco sehhh?...tanggung jawab karena saya jadi ngecessssss!!!!!

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB