Chicken-tofu steak ala Poppy :)

Selasa, Mei 20, 2008

Siang-siang kelaperan tapi lg bosen makan nasi dan tak berminat bikin mie. Pengen roti tapi ga ada :( Tiba-tiba kepikiran bikin setik-setikan he3 maksudku steak. Knapa kubilang setik-setikan? karena klo dibilang steak bahannya ga lengkap, bikinnya pun digoreng (bukan dipanggang) dan steak-ku ini hanya "mirip" steak beneran ;p Atau nyrempet-nyerempetnya disebut Chicken-tofu steak kali yaa ha3 ngaco!

Bahannya sederhana dan cara bikinnya gampang banget. Dibutuhkan waktu tidak lebih dari 1 jam untuk bikin makanan ini. Ini saya bagi resepnya Chicken-tofu steak ala Poppy :)

chicken_tofu_steakBahan:

2 potong ayam
2 potong tahu
1 butir telur
4 buah kentang
2 wortel
5 buncis
1 jagung manis
2 sendok mentega
Garam dan merica secukupnya
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah






Cara membuat:

1. Untuk chicken-tofu steak:
Rebus ayamnya hingga empuk/matang terus dicacah lembut/kecil2 lalu campurkan kedalam tahu yang sudah diremes2 lembut. Merica dan garam secukupnya serta bawang merah dan putih diuleg hingga lembut lalu dicampurkan ke dalam adonan ayam dan tahu yg dilumatkan tadi. Supaya saat digoreng tidak lari kmana-mana, campurkan 1 butir telur kedalam adonan. Trus digoreng kedalam minyak yg panas (ingat! api sedang/kecil aja ya..supaya luarnya tidak gosong tapi dalemnya matang)

2. Untuk Kentang:
Cukup kupas kentang, dipotong panjang2, trus digoreng deh (yg ini kamu pasti bisa, gampang banget soalnya)

3. Untuk Sayurannya (ceritanya sih salad) :
kupas wortel dan buncis lalu dipotong2 kurang lebih 1cm lah..lalu serut (bener ga sih istilahnya?) jagung manisnya. Semuanya direbus bareng hingga matang. Tiap orang beda2 ya..ada yg suka sayurnya masih "kiak-kiak alias tidak terlalu empuk" tapi klo saya suka yg empuk, bukan karena saya ompong lho..tapi enak yg empuk aja! Setelah direbus, buang airnya lalu campurkan mentega kedalam sayuran dan diaduk-aduk...ini supaya sayurannya gurih dan makin enak aja (karena ada rasa manis dan asin dari mentega).

N.b:
Resep diatas hanya untuk 2 porsi aja lho....gimana..tertarik utk mencoba?
Ternyata klo kepepet...ide2 kreatif suka muncul yaa..hehehe
*Bangga mode: ON

Tulisan Senada



14 komentar:

edratna mengatakan...

Lebih sehat kalau daging cincang, diberi bumbu kecap, dicampur tepung roti....terus kentangnya di rebus...benar-benar sehat.

Gara-gara Tiah suka bikin spageti tanpa keju, malah kalau jajan spageti jadi ga suka kejunya....

Poppy mengatakan...

Ya karena ga ada daging makanya ayam plus tahu jadilah :D

Kentangnya dikukus kali...bukan direbus?

Iya...spaghetty bikinan mba tiah emang top markotop!! hiks2 skarang d bdg dah ga ada yg bikinin spaghetty lagi :( padahal dulu pas ada mba tiah pasti stidaknya 1 bln skali :D

Alex mengatakan...

ass.

gambarnya itu lho bikin perut lapeeeeeeer.......lapeeeeeeeeeeer

salam kenal mbak

Alex mengatakan...

Ass. thanks ya mbak udah mampir dan komen di blogku..
sy link ya

Poppy mengatakan...

@ Alex: makasi ya mas :)
saya juga seneng baca blog anda...banyak yg bisa dipetik dari sana :)

Billah mengatakan...

laper mbak :((

sakuralady mengatakan...

wahhh modifikasinya wokeh juga.. he he.. salam kenal.. aku link yaaa ^^

utchanovsky mengatakan...

Ugh, sial salah mampir.

ke restoran dulu ah ...........

Poppy mengatakan...

@ Sakura : makasih ya udah mampir, saya link balik jg ya :)

@ Utchanovsky : dijamin enakan masakanku daripada yg ada d resto lho ;p

evi mengatakan...

nyam nyam.... sepertinya enak, saya coba ya resep nya...

Poppy mengatakan...

wah makasi udah mampir, mba evi. selamat mencoba resep saya ini he3 akhirnya ada jg yg mau nyoba resepku :D *bangga mode: ON

Ratna mengatakan...

Mirip perkedel tahu ya?

Ratna mengatakan...

Mirip perkedel tahu ya?

Poppy mengatakan...

@ Mba Ratna: hehehe...sial! masa judul sudah kubikin keren "steak" ealah ujung2nya dibilang kaya perkedel tahu...hiks2...tapi emang iya sih :D

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB