Sayur Jantung pisang

Kamis, April 17, 2008

Pernah makan jantung pisang (dalam bhs jawanya: ontong) tidak? Rasanya enak lho (sdikit manis dan gurih plus kenyal). Kmaren pas mudik ke kediri si nyokap masak jantung pisang. Maklumlah wong ndeso, jadi masakannya khas (pedesaan maksudnya :D) Awalnya jantung pisang direbus untuk sayuran dalam nasi pecel tapi karena nyisa banyak akhirnya sama nyokap dibikin sayur deh, nih fotonya:

sayur_jantung_pisang
Klo ada yg mo nyoba bikin sayur jantung pisang ala nyokapku, ini resepnya:
1. Jantung pisang yg sudah dicuci bersih dirajang (diiris) trus direbus hingga empuk.
2. Tumis: bawang merah, bawang putih, cabe merah+rawit hingga harum trus masukkan daun salam 3 lembar, irisan tomat, dan garam. Aduk2 hingga merata.
3. Masukkan jantung pisang yg udah sirebus tadi beserta santan (santannya dikira2 aja deh -lupa takaran soalnya :D)
4. Tunggu hingga mendidih dan sambil sesekali diaduk biar merata bumbunya.

Nah, gampang kan? kaya bikin sayur lodeh aja kali ya...

Oya, kata mama jantung pisang juga bisa dibikin abon lho. Sayang sekali beliau belum sempet mengajarkan kepada saya. Someday maybe...
Tapi untuk yg penasaran pengen bikin abon jantung pisang, kamu bisa baca disini. Selamat mencoba :)

Tulisan Senada



4 komentar:

bagus mengatakan...

bikini dong ndut..kita lihat rasanya seperti apa..dududududu ;p

bagus mengatakan...

bikinin dong ndut..kita lihat rasanya seperti apa..dududududu ;p

yg diatas kurang "n" jadinya malah "bikini"

edratna mengatakan...

Rasanya enak...tapi saya oleh ibu mertua dilarang, katanya bisa menggugurkan janin. Dan tak bagus untuk pengantin baru yang lagi ingin punya anak.

Poppy mengatakan...

@ Bagus: disini mah nyari jantung pisang dimana? cariin dulu baru ntar dicoba. (kamu masak aku makan ;p)

@ Bu Edratna: hah? bneran? ooo begitu ya? wah jadi serem :( duh sayang padahal enak lho :D tapi jangan sering2 aja kali yaa...

 
© 2008 - KeTeBeLeCe designed by TNB